Cara Memandikan Anak Kucing

Sesungguhnya problem memandikan anak kucing masih tetap jadi perbincangan. ” Apakah bisa atau tidak “.

Beberapa orang menyebutkan tidak bisa memandikan anak kucing dengan argumen apa pun. Karna anak kucing yang baru lahir atau masih tetap begitu kecil tidak mempunyai system kebal badan yang kuat, gampang dipengaruhi oleh suhu. Hingga dia dapat terserang penyakit beresiko.

Tapi banyak juga yang berasumsi bisa memandikan anak kucing, seandainya memerhatikan prasyarat prasyarat spesifik. Umpamanya, mesti telah saatnya, suhu air yang cocok serta banyak sekali lagi.

Kami sendiri cenderung pada pendapat ke-2. Walau sesungguhnya anak kucing telah dimandikan oleh induknya lewat cara dijilatin (grooming), tapi tetaplah saja si kitty perlu perawatan penambahan. Terlebih bila induknya tak ada. Mesti lebih disiplin dalam membersihkannya.

Argumen beda kenapa anak kucing mesti dimandikan yaitu karna umumnya dia lebih sukai bermain diluar tempat tinggal. Mengakibatkan bulunya tampak kotor serta kumal. Oleh karenanya supaya terlepas dari bakteri beresiko, kita mesti memandikan anak kucing. Lantas bagaimana langkahnya? Kapan anak kucing bisa dimandikan?

Cara Memandikan Anak Kucing

Cara Memandikan Anak Kucing
Gambar Cara Memandikan Anak Kucing

Untuk memandikan anak kucing dengan benar, kalian mesti baca ketetapan serta tutorial berikut ini.

1. Cermati Umur Anak Kucing

Sebelumnya Anda memandikan anak kucing baiknya lihat dahulu usianya. Untuk kucing yang baru lahir masih tetap merem baiknya janganlah dimandikan, karna ketahanan badannya masih tetap begitu lemah. Apabila ada induknya jadi yang juga akan lakukan perawatan pada bayi kucing itu yaitu induknya sendiri. Selalu usia berapakah kita bisa memandikan kucing?

Menurut dokter hewan, umur 2-3 bln. telah dapat dimandikan. Tapi ada pula yang mengharuskan umur 3 bln. baru bisa dimandikan. Keduanya benar kok, dasarnya sahabat cermati ketahanan badannya. Apabila dia tampak masih tetap begitu lemah, baiknya janganlah dimandikan di umur 2 bln.. Tetapi bila 2 bln. telah tampak kuat, silakan.

Selain itu, aspek type juga memastikan. Type kucing kampung dengan kucing ras seperti persia atau anggora tidak sama. Tapi pada umumnya di umur 3 bln. telah bisa.

2. Mencari Saat Yang Tepat

Bukan sekedar kucing, nyaris semuanya hewan bila dimandikan tentu meronta. Demikian halnya anak kucing waktu dimandikan pertama kalinya, dia juga akan meronta bahkan juga mungkin saja menggigit anda. Oleh karenanya cari saat yang pas untuk memandikannya.

Umpamanya mandikan anak kucing sesudah bermain dengan anda, sesudah makan dsb. Jadi alangkah sebaiknya memandikan anak kucing ketika si kucing tengah happy.

Diluar itu, mandikan waktu jam 11. 00 pagi atau 4 sore. Sebab di jam itu suhu udara tidaklah terlalu dingin. Dasarnya sangat pagi tidak baik serta sangat sore juga tidak baik.

3. Menyisir Bulu Sebelumnya Dimandikan

Umumnya sesudah bermain, bulu anak kucing kotor, kumal serta kusut. Jadi sebelumnya memandikanya baiknya sisir terlebih dulu bulunya, agar saat dimandikan kusutnya tidak makin kronis.

4. Memotong Kuku

Untuk hindari cakaran anak kucing waktu dimandikan, dianjurkan supaya kalian memotong kukunya yang tajam. Tapi, sahabat mesti tau tehnik memotong kukunya. Jangan pernah salah, karna dapat menyebabkan fatal. Untuk ketahui tips-nya, baca saja artikel kami berjudul, Panduan Memotong Kuku Kucing Paling Aman Untuk Pemula

5. Bersihkan Mata, Telinga, Kuku Serta Hidung

Belum juga kalian memandikan kucing terlebih dulu bersihkan anggota badan kucing yang susah dijangkau. Umpamanya daun telinga, hidung serta mata. Untuk mata dapat anda bersihkan menggunakan kain yang dibasahi dengan air hangat, demikian halnya dengan hidungnya. Sedang untuk telinga, anda dapat menggunakan cutton bud yang dibasahi air hangat juga. Mengenai kukunya dapat menggunakan sikat gigi yang kecil.

6. Sediakan Air yang Hangat serta Ruang yang Hangat

Sejatinya anak kucing itu begitu membenci air sebab air mempunyai suhu yang dingin. Maka dari itu kalian mesti merebus air nya terlebih dulu agar jadi hangat. Yakinkan juga ruang yang anda gunakan bersuhu tidak dingin.

7. Sediakan Alat Mandi

Sembari merebus air, anda dapat mempersiapkan alat alat mandinya, apa sajakah alat mandi kucing kecil :
Handuk lembut
Shampo kucing
Bak mandi
Sisir
Untuk shampo upayakan janganlah menggunakan shampo manusia ya sob, karna dapat mengakibatkan kerusakan bulunya serta menyebabkan ruam.

8. Tuang Air Hangat Setinggi Kaki

Sesudah air masak, tuang pada bak mandi anak kucing lantas diberi tambahan air dingin. Untuk ukuran airnya disangka sangka, dapat setinggi kaki kucing.

9. Mandikan Kucing

Berikut point paling perlu dalam memandikan anak kucing yang baik serta benar. Bila air telah siap, saat ini waktunya memasukkan anak kucing dalam bak itu, bilaslah badannya dengan air dengan perlahan-lahan lahan. Janganlah mengguyurnya dengan gayung, karna cemas airnya masuk ke hidung serta telinga. Bilaslah memakai tangan, seperti memandikan bayi manusia.

10. Berikan Shampo Spesial Kucing

Apabila di rasa badan anak kucing telah basah, setelah itu tuangkan shampo spesial kucing pada bulunya, usap perlahan-lahan lahan hingga bersih lantas dibasuh dengan air hangat hingga benar benar bersih. Shampo spesial kucing dapat anda beli di toko hewan paling dekat atau di toko on-line.

11. Mengeringkan Badan Anak Kucing.

Langkah paling akhir dalam memandikan kucing kecil yaitu mengeringkan badannya dengan handuk. Usap bulunya perlahan pelan memakai handuk kucing. Lalu sisir bulunya sekali lagi perlahan pelan. Usai deh, kucing telah wangi serta siap di ajak tidur dengan. Jadi penambahan, anda dapat memberikannya bedak agar lebih wangi sekali lagi. Untuk problem make up anak kucing itu bergantung selera anda sendiri ya sob.

Bagaimana? Mudahkan? Anda tidak butuh sekali lagi takut serta kuatir waktu memandikannya. Buat situasi hati anda santai serta enjoy waktu memandikannya.

sumber : https://kucing.info/

Baiklah itu saja tutorial kami mengenai langkah memandikan anak kucing, mudah-mudahan berguna serta menaikkan pikiran anda semuanya. Beri artikel ini pada sesama penggemar kucing di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *