5 Tips Keamanan Arung Jeram Rafting Bagi Pemula

arung jeram bogor murah

Beberapa orang yang malas lakukan arung jeram dengan argumen tidak dapat berenang maupun terasa tidak mahir berenang. Walau sebenarnya, tidak dapat berenang juga tidak jadi masalah, Anda dapat tetaplah turut rasakan begitu serunya berarung jeram. Berolahraga satu ini umumnya begitu pas dikerjakan waktu musim penghujan. Terkecuali debet air sebagai cukup besar, arus sungai juga jadi makin menantang. Lodewijk Rainer Korua sebagai Pendiri Federasi Arung Jeram Indonesia waktu dihubungi KompasTravel, Kamis (11/1/2018) memberi sebagian panduan untuk Anda yang menginginkan lakukan arung jeram. Tersebut KompasTravel himpun sebagian panduan yang butuh Anda cermati waktu mengarungi sungai :

1. Memerhatikan alat keselamatan serta semua instruksi Sebelumnya lakukan pengarungan, tentukan pelampung yang cocok apabila butuh agak ketat. Lalu, gunakan helm yang cocok sesuai sama ukuran kepala Anda. Senantiasa ikuti serta dengan dengan cermat instruksi dari pemandu. Pemandu tidak dapat melakukan perbuatan maksimum tanpat kerja sama penumpang. Umumnya sebelumnya lakukan pengarungan, pemandu juga akan memberi safety talk.

2. Bila perahu berbalik, janganlah cemas Bila perahu berbalik serta di haruskan untuk berenang, tetaplah berlaku tenang. Anda diwajibkan berenang dengan tempat duduk atau rebah. Kaki menghadap ke hilir hingga bila ada batu dimuka kaki Anda dapat segera mngerahkan tubuh Anda untuk hindari. Senantiasa siap sedia, mata tetaplah awas lihat atau mencari tim rescue. “Di jeram, perenang sekelas olimpiade meskipun tidak dapat banyak berbuat. Pelampung telah didesain spesial untuk dijeram. Jadi yang terutama berenanglah dengan tempat rebah sembari menanti pertolongan. ” papar lelaki yang umum disapa Lody Korua.

3. Buat persiapan fisik yang sehat Beraktivitas berolahraga pastinya membutuhkan tubuh yang sehat. Tidaklah perlu cemas bila Anda tidak dapat berenang, asal dengarkan instruksi pemandu dengan benar. Sebaiknya bila anda mengungkapkan pada pemandu kalau Anda tidak dapat berenang. “Badan sehat pastinya begitu diperlukkan karna aktivitas begini memerlukan fisik yang kuat, ” katanya.

4. Lakukan pemanasan Tidak ada kelirunya lakukan pemanasan. Pentingnya pemanasan sebelumnya arung jeram bisa kurangi peluang kram waktu tengah mendayung.

5. Pastikan operator yang terpercaya Pilih operator terpercaya serta terang, operator yang telah cukup lama serta memiliki pengalaman hingga mengerti benar ciri-khas dari semasing sungai. Janganlah terkecoh dengan harga yang murah. “Banyak sekali bermunculan operator-operator liar yang sulit dihalangi oleh Pemda meskipun dengan argumen mencari sesuap nasi serta buka lapangan kerja untuk orang-orang setempat. Umumnya dapat di ketahui dari harga. Mereka umumnya jual paket wisata dengan harga yang begitu murah” lebih Lodewijk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *