ciri-ciri kelinci hamil

10 Ciri-Ciri Kelinci Hamil

Kelinci dapat disebutkan hewan yang begitu produktif. Mamalia satu ini bisa alami 5 kali siklus melahirkan dalam setahun di mana dalam satu siklus melahirkan ia dapat hasilkan 3 sampai 15 ekor anak. Ditambah sekali lagi masa suburnya cukup cepat. Pada umur 5 atau 5, 5 bln. kelinci telah bisa kawin serta lakukan pembuahan. Hal semacam ini di dukung juga oleh masa hamil serta nifas yang begitu pendek. Kelinci hamil ‘hanya’ sekitaran 1 bln. serta sesudah 15 hari dari saat melahirkan ia telah bisa dikawinkan sekali lagi. Tetapi untuk melindungi kesehatan induk kelinci serta anak-anaknya baiknya kelinci dikawinkan sesudah 1 bln. di mana kesehatan si induk telah betul-betul sembuh serta anak-anaknya telah tidak menyusui sekali lagi.

Untuk anda pemelihara atau peternak kelinci pengetahuan tentang perkembangbiakan kelinci jadi hal ‘wajib’ yang harus di ketahui supaya kelinci bisa berkembang biak dengan baik. Satu diantaranya mengetahui dengan baik ciri atau sinyal dari kelinci yang tengah hamil muda. Hal semacam ini begitu perlu supaya calon induk kelinci bisa diperlakukan dengan pas hingga janin yang dikandungnya terbangun dengan baik serta terlepas dari keguguran. Dengan perlakuan yang kurang pas bukanlah mustahil bisa mengakibatkan calon induk kelinci alami keguguran.

Misalnya dengan membiarkan kelinci betina yang tengah hamil muda satu kandang dengan kelinci jantan. Hal semacam ini pasti tidak baik serta cukup beresiko karna mungkin kelinci jantan coba mengawini kelinci betina. Walau sebenarnya seperti yang di ketahui kelinci betina yang tengah hamil akan tidak ingin lakukan perkawinan hingga dapat berlangsung perkelahian. Atau minimnya konsumsi minuman dan makanan untuk kelinci hamil karna ketidaktahuan peternak kalau kelinci peliharaannya tengah hamil. Walau sebenarnya kelinci yang tengah hamil memerlukan konsumsi minuman dan makanan yang cukup untuk dianya serta janin yang dikandung.

Oleh karenanya beberapa peternak harus memerhatikan kelinci peliharaannya sesudah masa perkawinan. Sesudah sekian hari atau sekitaran 1 minggu sesudah dikawinkan beberapa peternak bisa mencermati kelincinya apakah perkawinannya sukses serta kelincinya hamil atau tidak. Karenanya beberapa peternak bisa mencermati 10 tanda-tanda kelinci hamil muda tersebut :

10 Ciri-Ciri Kelinci Hamil

ciri-ciri kelinci hamil
gambar ciri-ciri kelinci hamil

1. Lebih galak serta agresif

Kelinci betina yang mulai hamil muda bisa dikenali dari sikapnya yang lebih galak serta agresif dari umumnya. Bila sekian baiknya anda lebih waspada mengatasi induk kelinci karna bukanlah mustahil anda juga akan jadi tujuan cakarannya bila ia terasa terganggu atau ketakutan. Walau anda adalah orang yang dikenalnya karna keseharian merawatnya. Diluar itu beberapa kelinci betina yang tengah hamil muda juga memerlihatkan sikap agresif serta galak pada kelinci jantan.

2. Lebih peka serta gampang stres

Perubahan sikap beda pada kelinci betina yang tengah hamil muda yaitu lebih peka dari umumnya. Ia lebih gampang terasa stres karna beragam masalah kecil atau saat terasa terancam.

3. Gampang terasa lapar

Karna telah ada janin yang terjadi didalam dianya kelinci betina yang tengah hamil muda juga lebih gampang terasa lapar dari umumnya. Jadi peternak baiknya anda memerhatikan dengan baik konsumsi makanan baik kwalitas ataupun jumlah untuk induk kelinci yang tengah hamil muda. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya induk kelinci serta janinnya memperoleh konsumsi nutrisi yang cukup hingga bisa berkembang dengan baik. Diluar itu bila kelinci yang tengah hamil kekurangan makanan ia semakin lebih galak serta agresif. Bahkan juga induk kelinci yang begitu kelaparan dapat jadi kanibal yang menelan kelinci beda serta anaknya sendiri.

4. Nafsu makan meningkat

Seperti yang telah dijelaskan diatas kelinci yang tengah hamil muda mempunyai nafsu makan yang semakin besar dari umumnya. Hingga tidaklah heran bila kurun waktu singkat makanan yang kita beri telah ludes dikonsumsi. Baiknya peternak menaikkan jumlah makan induk kelinci yang tengah hamil supaya ia tidak terasa kelaparan serta baik untuk perubahan janinnya.

5. Minum dalam jumlah yang lebih banyak

Bukan sekedar jumlah makan, jumlah minum kelinci betina yang tengah hamil muda juga alami penambahan hingga anda jadi peternak harus juga sediakan minuman yang cukup untuk peliharaan atau ternak anda. Jangan pernah mereka kehausan kurun waktu lama seperti saat malam hari di mana mereka ditinggal kurun waktu cukup lama.

6. Perut tampak jadi membesar atau membuncit

Sama dengan manusia, kelinci betina yang tengah hamil muda juga akan memerlihatkan perubahan bentuk fisik terlebih sisi perut yang mulai jadi membesar walau belum juga sangat kentara. Saat kelak kehamilan telah mulai masuk umur 3 sampai 4 minggu perut induk kelinci juga akan tampak makin terang.

7. Merasa ada tonjolan saat dikerjakan palpasi

Peternak yang telah mahir serta punya kebiasaan dapat juga lakukan tehnik palpasi atau perabaan dibagian perut kelinci betina yang sudah dikawinkan sekitaran 2 minggu sesudah perkawinan. Bila perkawinan sukses serta kelinci betina hamil jadi juga akan merasa suatu hal seperti bola kecil kurang lebih seukuran buah zaitun. Palpasi baiknya dikerjakan dengan hati-hati serta oleh dokter hewan atau orang yang telah mahir karna bila salah memiliki resiko bisa menyakiti janin yang tengah dikandung.

8. Tidak ingin dikawinkan lagi

Ciri yang lain kelinci betina yang tengah hamil muda yaitu ia tidak bersedia dikawinkan. Saat dimasukkan sekandang dengan kelinci jantan umumnya ia juga akan berlari-lari menjauh. Bahkan juga ia dapat juga berlaku galak pada kelinci jantan yang coba mendekatinya.

9. Mulut mulai berwarna kemerahan

Ciri pendukung yang lain yang mengisyaratkan kelinci betina tengah hamil muda yaitu mulutnya yang mulai tampak kemerahan dari umumnya. Makin besar umur kehamilan serta makin mendekati masa melahirkan mulut kelinci betina juga akan tampak makin merah. Bahkan juga sisi hidung juga tampak merah.

10. Mengorek-ngorek kandang

Kelinci betina yang tengah hamil muda juga mulai juga akan memerlihatkan tingkah laku mengorek-ngorek kandang. Makin tua umur kehamilan serta makin mendekati masa melahirkan hal semacam ini juga akan makin seringkali serta giat dikerjakan oleh calon induk kelinci. Hal semacam ini jadi perasaan alami untuk menyiapkan tempat yang nyaman untuk calon anaknya. Bila sisi bawah kandang kelinci anda terbuat dari tanah jadi induk kelinci juga akan menggali lantainya untuk menyiapkan tempat untuk anaknya yang juga akan lahir. Bila kelinci anda telah mendekati masa melahirkan sekitaran umur kehamilan 25 hari baiknya pindahkan induk kelinci ke kandang spesial jadi tempat bersalin yang nyaman baginya. Artikel ini dikutip dari kelinci.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *